• Contact
  • Disclaimer
  • Home 2
  • Home 3
  • Home 4
  • Home 5
  • Literasi Berita Terpercaya Kaya Makna
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi
  • Tentang Kami
PKBTalk24.Com
  • Home
  • Feature
    • Opini
    • Khasanah Aswaja
    • Ruang Baca
    • Santri Digital
  • Figure
    • UlamaTalks
    • WomenTalks
    • PolitisiTalks
    • SalebTalks
  • Nusantara
    • Berita PKB
    • Berita Parlemen
    • Berita Eksekutif
    • NU Today
  • Daerah
    • IKNNews
    • WIBTalks
    • WITTalks
    • WITATalks
  • Ekbis
    • Ekonomi Syariah
    • Dunia Usaha
    • Haji dan Umrah
    • NUTrip
  • Humaniora
    • Lifestyle
    • Pendidikan
    • Budaya Kita
    • Eco-Living
  • PKBTalk24
    • Wawancara
  • PKBTalk Event
No Result
View All Result
  • Home
  • Feature
    • Opini
    • Khasanah Aswaja
    • Ruang Baca
    • Santri Digital
  • Figure
    • UlamaTalks
    • WomenTalks
    • PolitisiTalks
    • SalebTalks
  • Nusantara
    • Berita PKB
    • Berita Parlemen
    • Berita Eksekutif
    • NU Today
  • Daerah
    • IKNNews
    • WIBTalks
    • WITTalks
    • WITATalks
  • Ekbis
    • Ekonomi Syariah
    • Dunia Usaha
    • Haji dan Umrah
    • NUTrip
  • Humaniora
    • Lifestyle
    • Pendidikan
    • Budaya Kita
    • Eco-Living
  • PKBTalk24
    • Wawancara
  • PKBTalk Event
No Result
View All Result
PKBTalk24.Com
No Result
View All Result
Home Feature

Menjelang Hari Raya Idul Qurban : Bolehkah Kurban Kolektif untuk Kambing atau Domba?

Redaksi by Redaksi
23 Mei 2025
in Feature, Khasanah Aswaja
0
idul adha

Bolehkah Kurban Kolektif untuk Kambing atau Domba? FOTO - ILUSTRASI | Dok. istimewa

0
SHARES
5
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterWhatsApp

Beberapa orang patungan bersama untuk membeli satu ekor kambing, lalu hewan tersebut dijadikan hewan kurban atas nama kolektif. Biasanya, alasan utama praktik ini adalah karena keterbatasan biaya, namun tetap ingin menumbuhkan semangat berkurban sejak dini. Apakah hal ini sah dalam syariat Islam?

 

PKBTalk24 | Jakarta ~ Tak terasa, umat Islam akan segera memasuki bulan Dzulhijjah, salah satu bulan mulia dalam kalender hijriyah. Selain momentum ibadah haji di Tanah Suci, bulan ini juga identik dengan amalan besar yang bisa dilakukan oleh umat Islam di mana pun berada, yaitu ibadah kurban.

Kurban adalah bentuk penghambaan sekaligus solidaritas sosial yang luar biasa. Daging hewan kurban dibagikan kepada fakir miskin dan masyarakat yang membutuhkan, menjadi simbol kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama—terutama di tengah situasi ekonomi yang kian menantang.

Fenomena Kurban Kolektif untuk Hewan Kecil: Bolehkah?

Di tengah semangat berkurban ini, muncul satu fenomena menarik di kalangan masyarakat, khususnya di lingkungan sekolah atau komunitas anak muda: kurban kolektif untuk kambing atau domba.

Caranya? Beberapa orang patungan bersama untuk membeli satu ekor kambing, lalu hewan tersebut dijadikan hewan kurban atas nama kolektif. Biasanya, alasan utama praktik ini adalah karena keterbatasan biaya, namun tetap ingin menumbuhkan semangat berkurban sejak dini. Namun pertanyaannya: Apakah hal ini sah dalam syariat Islam?

Sebab dalam hadits-hadits Nabi Muhammad SAW yang populer, kurban kolektif hanya disebutkan untuk hewan besar seperti sapi atau unta, yang diperbolehkan untuk tujuh orang.

Dalil Hadits: Panduan Kurban dalam Syariat

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita tinjau beberapa hadits yang menjadi dasar hukum kurban.

Salah satunya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah RA, yang berkata:

“Kami menyembelih bersama Rasulullah SAW di Hudaibiyah, seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi untuk tujuh orang.”
(HR. Muslim)

Dari hadits ini, para ulama sepakat bahwa sapi dan unta bisa dikurbankan atas nama maksimal tujuh orang secara kolektif. Namun, untuk kambing dan domba, hukum asalnya adalah hanya untuk satu orang saja.

Artinya, patungan beberapa orang untuk membeli kambing sebagai kurban tidak memenuhi syarat sahnya kurban menurut mayoritas ulama. Kurban jenis ini boleh dilakukan jika diniatkan sebagai sedekah biasa, bukan kurban dalam arti ibadah yang disyariatkan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita tinjau beberapa dalil yang disampaikan dalam hadits Nabi SAW, di antaranya hadtis yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah dengan lafaz:

 نَحَرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الْحُدَيْبِيَةِ الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ

Artinya, “Kami pernah menyembelih kurban bersama Rasulullah saw di tahun perjanjian Hudaibiyah, untuk kurban seekor unta atau seekor sapi, kami bersekutu tujuh orang.” (HR. Muslim) Baca Juga Hukum Berkurban untuk Orang yang Telah Meninggal Dunia Di dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa hewan yang dapat dikurbankan secara kolektif hanyalah hewan besar seperti unta dan sapi. Masing-masing dari hewan tersebut dapat dijadikan kurban oleh tujuh orang secara bersamaan.

Berkurban dengan hewan kecil

Sementara itu, berkurban dengan hewan kecil dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah RA, yang menceritakan keadaan Nabi SAW saat berkurban.

 ثُمَّ أَخَذَهَا وَأَخَذَ الْكَبْشَ فَأَضْجَعَهُ ثُمَّ ذَبَحَهُ ثُمَّ قَالَ بِاسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَمِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ ثُمَّ ضَحَّى بِهِ

Artinya, “‘Beliau saw mengambilnya (kambing) dan mengambil domba tersebut dan membaringkannya lalu beliau menyembelihnya.’ Kemudian beliau mengucapkan, ‘Dengan nama Allah, Ya Allah, terimalah ini dari Muhammad, keluarga Muhammad, dan umat Muhammad.’ Kemudian beliau berkurban dengannya.” (HR. Muslim)

Hadits tersebut menjadi dasar bagi mayoritas ulama untuk membolehkan berkurban seekor kambing dengan niat mencakup keluarga. Dengan demikian, keluarga turut memperoleh pahala dari hasil sembelihan kurban tanpa dianggap sebagai pelaku kurban, karena yang berkurban hanya satu orang. Imam Nawawi turut mengomentari permasalahan ini:

 تُجْزِئُ الشَّاةُ عَنْ وَاحِدٍ، وَلَا تُجْزِئُ عَنْ أَكْثَرَ مِنْ وَاحِدٍ. لَكِنْ إِذَا ضَحَّى بِهَا وَاحِدٌ مِنْ أَهْلِ الْبَيْتِ تَأَدَّى الشِّعَارُ فِي حَقِّ جَمِيعِهِمْ، وَتَكُونُ التَّضْحِيَةُ فِي حَقِّهِمْ سُنَّةَ كِفَايَةٍ

Artinya, “Kambing cukup untuk satu orang dan tidak cukup untuk lebih dari satu orang. Namun, jika salah seorang anggota keluarga menyembelih kambing kurban, maka syiar kurban telah terpenuhi bagi seluruh anggota keluarga tersebut. Dalam hal ini, kurban menjadi sunnah kifayah bagi mereka.” (An-Nawawi, Al-Majmu, [Mesir, Idaroh at-Tibaah al-Muniriyyah, 1344H], jilid VIII, hlm. 397)

Hukum kurban seekor kambing menurut Imam Nawawi

Menurut komentar Imam Nawawi, kurban dianggap sunnah jika telah dilakukan oleh satu anggota keluarga, khususnya suami sebagai kepala keluarga, yang mewakili seluruh anggota keluarga lainnya. Dengan demikian, seekor kambing hanya mencukupi untuk satu orang yang berkurban dan tidak dianggap sebagai kurban atas nama seluruh keluarga.

Muhammad Amin al-Harari memperjelas pandangan Imam Nawawi tersebut:

 قُلتُ: تَضْحِيَةُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ أُمَّتِهِ وَإِشْرَاكُهُمْ فِي أُضْحِيَتِهِ مَخْصُوصٌ بِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَمَّا تَضْحِيَتُهُ عَنْ نَفْسِهِ وَآلِهِ، فَلَيْسَ بِمَخْصُوصٍ بِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَلَا مَنْسُوخًا. وَالدَّلِيلُ عَلَى ذَلِكَ: أَنَّ الصَّحَابَةَ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُمْ كَانُوا يُضَحُّونَ الشَّاةَ الْوَاحِدَةَ، يَذْبَحُهَا الرَّجُلُ عَنْهُ وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِهِ؛ كَمَا عَرَفْتَ، وَلَمْ يَثْبُتْ عَنْ أَحَدٍ مِنَ الصَّحَابَةِ التَّضْحِيَةُ عَنِ الْأُمَّةِ وَإِشْرَاكُهُمْ فِي أُضْحِيَتِهِ الْبَتَّةَ

Artinya, “Aku katakan: kurban Rasulullah saw atas nama umatnya dan penyertaan mereka dalam kurban beliau adalah kekhususan yang hanya berlaku bagi beliau saw. Adapun kurban beliau atas nama dirinya sendiri dan keluarganya, maka itu bukan sesuatu yang khusus hanya bagi beliau saw, dan tidak pula telah dihapus (mansukh) hukumnya. Dalil atas hal ini adalah bahwa para sahabat biasa berkurban dengan seekor kambing yang disembelih oleh seorang laki-laki atas nama dirinya dan keluarganya — sebagaimana telah engkau ketahui — dan tidak ada riwayat yang sah dari satu pun sahabat bahwa mereka berkurban atas nama umat atau menyertakan umat dalam kurban mereka, sama sekali.” (Al-Harari, Syarh Sunan Ibnu Majah, [Jeddah, Dar al-Minhaj, 1439H], jilid XVIII, hlm. 381)

Berdasarkan keterangan hadits dan penjelasan ulama di atas, kurban dengan hewan kecil seperti kambing atau domba hanya dapat mencukupi untuk satu orang, meskipun boleh dilakukan atas nama keluarga inti.

Namun, kurban tersebut tidak dapat diatasnamakan untuk orang di luar keluarga inti. Oleh karena itu, praktik kurban kolektif dengan hewan kecil, seperti yang sering dilakukan di sekolah-sekolah, belum sesuai dengan pandangan Imam An-Nawawi.

Praktik ini berbeda dengan kurban kolektif hewan besar yang diperbolehkan secara syariat. Sebab, kurban hewan kecil secara kolektif hanya berlaku untuk keluarga inti, sebagaimana contoh yang dipraktikkan oleh Nabi SAW dan para sahabatnya.

Dengan demikian, penyembelihan kambing atau domba secara kolektif di sekolah-sekolah lebih tepat disebut sebagai sedekah daging bersama di bulan Dzulhijjah, bukan ibadah kurban yang sesuai dengan syariat. Wallahu a’lam bisshawab.

Penulis : Ustadz Rayi Setiadi Putra | Mahasiswa Pascasarjana SPs UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Guru Ponpes Daar el-Qolam Gintung

Previous Post

Rano Karno Bacakan Tiga Ranperda di Rapat Paripurna DPRD Jakarta: Jakarta Siap Jadi Kota Global dan Ramah Kesehatan

Next Post

Sampaikan Ranperda Kawasan Tanpa Rokok, Rano Karno Ingin Jakarta Jadi Kota Global yang Sehat dan Berkelanjutan

Next Post
Wagud DKI Rano Karno

Sampaikan Ranperda Kawasan Tanpa Rokok, Rano Karno Ingin Jakarta Jadi Kota Global yang Sehat dan Berkelanjutan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recommended

Muhammad Lefi, anggota FPKB DPRD DKI Jakarta

FPKB DKI Soroti Nasib Pesantren di Jakarta: Banyak, Padat, Tapi Minim Dukungan!

6 bulan ago
Bacakan Rekomendasi Muktamar Fiqih Peradaban I, Gus Mus : Khilafah Bertentangan dengan Pokok Tujuan Agama!

Bacakan Rekomendasi Muktamar Fiqih Peradaban I, Gus Mus : Khilafah Bertentangan dengan Pokok Tujuan Agama!

3 tahun ago

Popular News

    INFO HAJI & UMROH

    IKN
    Berita Eksekutif

    Prabowo Pastikan IKN Jadi Ibu Kota Politik RI 2028, ASN Mulai Dipindah Bertahap

    19 September 2025
    Sidak Pasar Rawa Belong, H. Sutikno Soroti Sampah, Parkir, dan Retribusi Kios
    Figure

    Sidak Pasar Rawa Belong, H. Sutikno Soroti Sampah, Parkir, dan Retribusi Kios

    19 September 2025
    Anggota Pansus Perparkiran DPRD DKI Jakarta, Heri Kustanto, yang juga anggota komisi A DPRD DKI Jakarta dari FPKB
    Dunia Usaha

    DPRD DKI Segel Parkir Liar di Jakarta Timur, FPKB Soroti Kebocoran PAD Rp700 Miliar

    19 September 2025
    Dirjen PHU, Hilman Latief : PIHK Wajib Punya Mitra Rumah Sakit di Arab Saudi, Demi Jemaah Haji Lebih Aman!
    Berita Eksekutif

    KPK Dalami Dugaan Aliran Dana ke Dirjen PHU dalam Kasus Korupsi Kuota Haji 2024

    19 September 2025
    Kader muda PKB, Farida Faricha, ditunjuk sebagai Wakil Menteri Koperasi
    Berita Parlemen

    Gus Muhaimin Sumringah, PKB Tambah Kursi di Kabinet Merah Putih!

    18 September 2025

    Newsletter

    Dapatkan update Berita dan info terbaru dari PKBTalk24.com...

    Category

    • Berita Eksekutif
    • Berita Parlemen
    • Berita PKB
    • Budaya Kita
    • Daerah
    • Dunia Usaha
    • Eco-Living
    • Ekbis
    • Ekonomi Syariah
    • Feature
    • Figure
    • Haji dan Umrah
    • Headline
    • Healthy Living
    • Humaniora
    • IKNNews
    • Khasanah Aswaja
    • NU Today
    • Nusantara
    • NUTrip
    • Opini
    • Pendidikan
    • PKBTalk Event
    • PKBTalk24
    • PolitisiTalks
    • Ruang Baca
    • SalebTalks
    • Santri Digital
    • UlamaTalks
    • Wawancara
    • WIBTalks
    • WITATalks
    • WITTalks
    • WomenTalks

    About Us

    Sebagai platform lierasi berita rintisan, PKBTalk24.com hadir dengan menggabungkan tiga unsur kebutuhan dasar pembaca, pembuat dan penyedian konten sosial media yang serba cepat dan instant, sekaligus edukasi seputar pentingnya informasi yang valid, terpercaya, utuh-menyeluruh sesuai kontek peristiwanya, selaras  kaidah-kaidah jurnalistik, sehingga nilai berita dan informasi yang disampaikan tetap valid, relevan, dan bermakna.

    • Contact
    • Disclaimer
    • Home 2
    • Home 3
    • Home 4
    • Home 5
    • Literasi Berita Terpercaya Kaya Makna
    • Pedoman Media Siber
    • Redaksi
    • Tentang Kami

    © 2025 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.

    No Result
    View All Result
    • Contact
    • Disclaimer
    • Home 2
    • Home 3
    • Home 4
    • Home 5
    • Literasi Berita Terpercaya Kaya Makna
    • Pedoman Media Siber
    • Redaksi
    • Tentang Kami

    © 2025 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.